Wujud Bakti Pramuka MAN 01 Muaradua Bersih Sampah Pasar Saka Selabung 

oleh -

OKU Selatan Sumsel–Sampah merupakan salah satu permasalahan lingkungan terbesar yang hingga sekarang belum ada solusinya. Setiap saat tumpukan sampah semakin bertambah. Salah satu penyebabnya yakni kurangnya kesadaran dan tidak adanya edukasi tentang dampak negatif sampah.

Berbagai sosialisasi tentang kesadaran lingkungan dianggap belum maksimal, tidak terarah, tidak terencana dan belum berkesinambungan.

Berangkat dari keprihatinan tersebut, pelajar Madrasyah Aliyah Negri (MAN) 01 Muaradua kabupaten OKU Selatan, yang dipimpin langsung oleh pelatih pendamping, Radinopianto, dan didampingi Putra Umar selaku pembina putra beserta Sri Hartati selaku pembina putri melakukan kegiatan pungut sampah. Kamis (29/09/2022).

Baca Juga :  Rangkaian Kegiatan di Selenggarakan, Meriahkan HUT OKU Selatan Ke-19

Kegiatan pungut sampah dilakukan di dua lokasi yakni di Terminal bus kota Muaradua dan di komplek Pasar Saka Selabung Kecamatan Muaradua.

Radionopianto selaku Pelatih pendamping, yang juga sebagai Pengurus Kwarda gerakan pramuka kabupaten OKU Selatan, mengatakan kegiatan bakti sosial bersih sampah ini sebagai bentuk bakti pelajar pada masyarakat dan cinta lingkungan.

“Kegiatan yang dilakukan pada bersih sampah ini diantaranya membersihkan jalanan, trotoar serta membuang sampah dari got dan tumpukan sampah. Mereka sangat kompak dan sangat gembira”, ungkapnya

Baca Juga :  Usung Tema Gelanggang Semangat Pemenang, Pemkab OKU Selatan Gelar Upacara Hari Olahraga Nasional 

Dikatakan Radino, ada dua area yang menjadi tempat bersih-bersih yaitu terminal kota Muaradua dan Pasar Saka Selabung. Para pelajar ini terbagi dalam dua grup yang telah dikomandoi oleh para pembina masing-masing regu.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan kesadaran akan lingkungan hidup agar siswa dapat berinteraksi sosial dengan masyarakat sekitarnya, khususnya tentang kebersihan lingkungan”,jelas Radino

Di samping itu tambah Radino, melalui kegiatan ini siswa dapat menyampaikan pesan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan ruang publik dan lingkungan sekitarnya.

Baca Juga :  Kejari OKU Selatan Naikkan Status Dugaan Korupsi Dana BBM di DLH Ke Penyidikan

Kegiatan bakti sosial ini juga mendapat respon positif dari masyarakat sekitar terhadap siswa MAN 01 Muaradua. (Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.