Tingkatkan Mutu Pendidikan Usia Dini, Disdik OKU Selatan Gelar Bimtek Berbasis Data

oleh -

OKU Selatan Sumsel–Pemerintah daerah kabupaten OKU Selatan melalui dinas pendidikan Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan melakukan bimbingan teknis (Bimtek) Perencanaan Berbasis Data Dalam Mendukung Lingkungan Belajar Berkualitas di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) ini berlangsung di Aula Darma Wanita Kantor Dinas Pendidikan kabupaten setempat. Selasa (11/10/2022).

Kegiatan yang diikuti oleh 20 orang peserta yang berasal dari PKG PAUD 4 kecamatan di wilayah kabupaten OKU Selatan ini dibuka secara langsung oleh Plt Sekretaris Dinas Pendidikan OKU Selatan Eduarken.,S.pd.,MSI.

Baca Juga :  PTBA Raih Predikat Indonesia Most Trusted Company

Isitawiah.,S.Sos.,M.Pd, dalam laporannya selaku ketua panitia mengatakan kegiatan Bimtek perencanaan berbasis data tersebut digelar selama dua hari. Dimulai dari Selasa sampai Rabu (12/10/2022).

Lebih lanjut ia mengatakan dasar penyelenggaraan Bimtek ini berdasarkan undang-undang no 20 tahun 2023 tentang sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan pemerintah nomor 4 tahun 2022 tentang perubahan atas peraturan pemerintah nomor 57 tahun 2021 tentang standar Nasional Pendidikan pedoman pelaksanaan bantuan lingkungan belajar berkualitas tahun 2022.

Dikatakannya kegiatan bertujuan untuk memahami kebijakan pemerintah daerah setempat dalam perencanaan berbasis data di tingkat PAUD. Dan juga untuk memahami eksplorasi konsep pengetahuan (Review pemahaman materi asinkronus).

Baca Juga :  Humas Polri Gandeng Media Massa Demi Wujudkan Pemilu Aman

Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk memahami tentang pengisian lembaran PBD PAUD. Memahami dan mengikuti simulasi pengisian lembaran PBD PAUD sehingga mampu mempresentasikan hasil pengisian lembar PBD PAUD.

“Memahami peran Dinas Pendidikan, tim PBD daerah dan PKG mengikuti pelaksanaan PBD agar memahami cara aktivasi akun belajar”, jelasnya

Sementara itu Plt Sekretaris Dinas Pendidikan OKU Selatan, Eduarken.,S.pd.,MSI, dalam sambutannya mengatakan perencanaan berbasis data adalah perencanaan yang dilakukan oleh satuan pendidikan, program pendidikan, lembaga pendidikan maupun pemerintah daerah yang didasarkan pada data rapor pendidikan.

Baca Juga :  FLS2N 2023 Tingkat Kabupaten OKU Selatan Resmi di Mulai

“Perencanaan berbasis data, bertujuan untuk mencapai peningkatan dan perbaikan mutu pendidikan yang berkesinambungan. Dalam hal ini perencanaan berbasis data menjadi elemen penting dalam mendukung lingkungan belajar berkualitas di satuan PAUD”, ungkapnya

Sekdin juga menjelaskan bahwa PBD mendukung proses berkelanjutan yang dibangun terus menerus di satuan pendidikan untuk mencapai kondisi ideal dalam lingkungan belajar.

“Hal itu dilakukan untuk menuju kondisi ideal dalam mengembangkan lingkungan belajar yang berkualitas di satuan PAUD”, pungkasnya. (Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.