Seminar Hasil Penulisan Buku Perjuangan Pembentukan Kabupaten Halmahera Timur, Resmi Dibuka Sekda

oleh -

Porosinformasi.com

Maba, Pemerintah Daerah Halmahera Timur (Haltim), bersama dengan Tim Peneliti dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Khairun melakukan Seminar Hasil Penulis Buku Sejarah Pembentukan Kabupaten Halmahera Timur.

 

Dalam seminar tersebut juga melibatkan Tokoh Pemekaran seperti Idrus E Maneke, Isack Jailan, serta Toko Masyarakat, tokoh adat dan seluruh stekhorder yang ada di Pemerintah Haltim.

Kegiatan Seminar Hasil Penulis Buku Sejarah Pembentukan Kabupaten Halmahera Timu dilakukan di Ruang Aula Kantor Bupati, Selasa (27/12/2022), yang dibuka langsung oleh Sekertaris Daerah Ricky Chairul Richfat.

 

Sekda Haltim Ricky CH Ricfat dalam sambutannya pada seminar tersebut menyampaikan Dengan seminar Buku sejarah Pembentukan Kabupaten Halmahera Timur bisa merangkul semua orang yang selama ini mungkin kita lupakan.

Baca Juga :  Kapolres Setyo Pimpin Serah Terimah Pergantian Kasat Dan Kapolsek dilingkungan Kerja Polres Halmahera Timur

 

“Saya pikir Sangat penting Buku Sejarah tersebut buat seluruh masyarakat Halmahera Timur, apalagi buat kami Seluruh ASN wajib memahami seberapa penting dan seberapa besar perjuangan tokoh-tokoh Pemekaran Kabupaten Halmahera Timur,” Ujarnya.

 

Dikatakanya, Dengan adanya buku sejarah Pembentukan Kabupaten Halmahera Timur ini diharapkan tidak lagi terjadi polemik dan terjadi hal yang positif bagi kami pemerintah daerah terkait dengan pemekaran Halmahera Timur.

 

“Keberadaan Buku ini kemudian bisa menghilangkan hal-hal yang selama ini menjadi perselisihan dan saling kalem, maka dengan hadirnya Buku tersebut menjadi sprit kebersamaan dalam bingkai Fagogoru Kabupaten Halmahera Timur,” Tuturnya.

Sejarah Pembentukan Kabupaten Halmahera Timur, kata dia, merupakan langkah kebersamaan yang sangat sistematis, dan kerja tersebut tidak bisa mengandalkan satu orang tetapi mengandalkan seluruh elemen.

Baca Juga :  Angin Puting Beliung, Longsor dan Banjir Melanda,BPBD Haltim Himbau Masyarakat Waspada Cuaca Extrem

 

“Pemerintah daerah berharap dengan adanya Buku sejarah Pembentukan Kabupaten Halmahera Timur menjadikan acuan dasar bagi kita semua Masyarakat Haltim terutama Pemerintah Daerah, Serta mewujudkan panduan Buku Sejara bagi anak Cucu kita kedepannya,” Pungkasnya.

Ketua Panitia Hj Bustami Latawan S.Pd

Terpisah ketua Panitia kegiatan Kepala Bagian Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Halmahera Timur Hj. Bustam Latawan S.Pd menambahkan Seminar hasil penulisan buku sejarah atas kerjasama Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Timur dan Unkhair tujuannya agar sejarah Halmahera Timur tidak akan hilang dan tetap terjaga.

 

“Banyak tokoh-tokoh perjuangan pemekaran yang sudah meninggal yang kita kuatirkan sejarah ini akan hilang kami berharap seminar ini menghasilkan suatu prodak buku sejarah perjuangan Pemekaran Halmahera Timur yang terbit dan menjadi dokumen Daerah sehingga generasi yang akan datang bisa mengetahui cikal bakal Daerah ini terbentuk bukan karena hadiah dari Kabupaten induk tapi di perjuangkan dan juga sebagai bentuk apresiasi kepada Tokoh -tokoh perjuangan yang sudah terlebih dahulu meninggalkan kita. Tandasnya

Baca Juga :  Diduga Terima Uang Kasus Judi, Kanit Resrkrim Polsek Penjaringan AKP M Fajar dan Tujuh anak buahnya Dipatsuskan dan Terancam Di-PTDH

 

Sekedar diketahui Buku Sejarah Kabupaten Halmahera timur ditulis oleh M. Ridha Ajam, Nurprihatina Hasan, Irfan Ahmad, Andi Surman Karmen, Safrudin Abdurahman, Arlina Madjid, Bahtiar Haerullah, Rusia S. Tawari, Wildan dan Mamat Jalil dan disusun Fakultas Ilmu Budaya Universitas Khairun.

 

 

Nur)red

No More Posts Available.

No more pages to load.