PT. Position Bersama Muslimat NU Haltim Gelar Penyuluhan dan Pelatihan Produk Olahan Kelapa VCO

oleh -

 

 

MABA – Ketua PW Muslimat NU Maluku Utara Doktor Rosita Alting S.Ag M.Ag dan Ratih Kaloko memberikan penyuluhan dan Pelatihan produk olahan kelapa virgin Coconut Oil (VCO) pada pelaku UMKM Desa Soagimalaha dan Maba Sangaji, Kabupaten Halmahera Timur, Sabtu (17/12/2022).

Foto Pasca kegiatan

Kegiatan Penyusunan dan pelatihan tersebut difasilitasi langsung oleh PT. Position, yang Bekerjasama dengan Muslimat NU Halmahera Timur, Komunitas Suara Fayfiye dan masyarakat setempat.

 

Doktor Rosita Alting S.Ag M.Ag Ketua PW Muslimat NU Malut saat memberikan materi menyampaikan Kelemahan utama pengembangan Usaha Mikro, kecil, dan Menengah (UMKM) Haltim itu kurangnya keterampilan sumber daya manusia dan manajemen yang ada relatif masih tradisional.

Baca Juga :  Dua Putri Terbaik SDN 44 Lubuklinggau Terpilih Polisi Cilik Polres Lubuklinggau

 

“Sumber daya manusia merupakan faktor penting bagi setiap usaha termasuk juga di sektor usaha kecil,” Katanya.

 

Dikatakannya, industri skala kecil untuk menembus pasar domestik ditentukan oleh kemampuan pelaku-pelaku dalam industri kecil tersebut untuk mengembangkan produk-produk usahanya sehingga tetap dapat eksis salah satunya membuat Virgin Coconut Oil (VCO).

 

“Oleh karena itu, dalam pengembangan UMKM perlu meningkatkan pelatihan baik dalam aspek kewiraswastaan, administrasi dan pengetahuan serta keterampilan dalam pengembangan usaha,” tandasnya.

 

Sementra itu Ratih sebagai pelatih Virgin Coconut Oil dalam kegiatan tersebut mengatakan Kabupaten Halmahera Timur khususnya Desa Soagimalaha dan Maba Sangaji saat ini masih memiliki lahan perkebunan kelapa dan memiliki sumber daya buah kelapa yang cukup baik, tapi tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Baca Juga :  Langkah PTBA Persiapkan Tanjung Enim Menjadi Kota Wisata

 

“Saat ini salah satu olahan kelapa yang sedang digemari yaitu Virgin Coconut Oil (VCO). VCO sudah dikenal memiliki banyak manfaat yaitu untuk kesehatan, kecantikan dan beragam manfaat lainnya, maka ini menjadi peluang untuk pelaku usaha di Desa Soagimalaha dan Maba Sangaji,” katanya.

 

Proses untuk mendapatkan VCO yang berkualitas, kata dia, ada beberapa tahapan yaitu dimulai dari pemarutan kelapa, pemerasan santan, pemanasan santan, pendinginan cepat, mesin mixer, sentrifugal VCO, dan proses terakhir yaitu evaporasi vakum.

 

“Agar proses tersebut bisa berjalan dengan cepat dan dapat menghasilkan VCO yang berkualitas, maka diperlukan alat Teknologi Tepat Guna (TTG),” tandasnya.

Baca Juga :  Tinjau Kegiatan Tim Yankes Terpadu, Kapolda Sumsel Irjen Rachmad Wibowo: Kita Jaga Kesehatan Petugas PPK

 

Sementara itu, Darul Hukam Operasional Manager PT. Position dalam sambutan dikegiatan tersebut menyampaikan Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu penggerak pemulihan ekonomi di Kabupaten Halmahera Timur.

 

“Pengembangan ekonomi daerah dengan cara melakukan Pemberdayaan pelaku UMKM dengan cara mengembangkan keterampilan sumber daya manusia yang ada di Desa Soagimalaha dan Maba Sangaji yakni dengan melakukan pengembangan usaha seperti pembuatan VCO,” tandasnya.

 

Sekedar diketahui dalam pelatihan dan Penyuluhan kelapa menjadi Virgin Coconut Oil, diikuti pelaku UMKM dan usaha rumah tangga serta Perangkat Desa. Dalam kegiatan tersebut juga sekaligus dilakukan pemberian bantuan mesin parut kelapa listrik dan peralatan pembuatan VCO lainnya.

Nur/red

No More Posts Available.

No more pages to load.