PT Antam Dukung Program Karang Buatan

oleh -

Halmahera Timur

Porosinformasi.com

Maba_Gagasan program membuat karang buatan dalam upaya merehabilitasi terumbu karang dipesisir pantai HalmaheraTimur oleh Lembaga Bina Lingkungan Pesisir dan Pulau (BLPP) pada hari mendapat dukungan penuh dari PT ANTAM Tbk UBPN Maluku Minggu 22/10/22

M. Anas Pajung, Ketua BLPP mengatakan program ini sudah yang kedua kalinya dan mendapat dukungan dari PT ANTAM Tbk UBPN Maluku Utara. Rehabilitasi terumbu karang adalah upaya untuk melestarikan dan menjaga ekosistem laut. Sebab terumbu karang adalah tempat tinggal dari biota laut khususnya berkembang biaknya ikan. Tepat pada 31 Agustus 2021, program ini sudah kami lakukan tentu melalui dukungan dari pihak ANTAM.

Baca Juga :  Konferwil Muslimat Nadhlatul Ulama Maluku Utara Tahun 2023 Resmi Dibuka
Hasil Tangkapan ikan ditempat habitat karang buatan

“Alhamdulillah, atas program rehabilitasi terumbu karang pada tahun 2021 memberikan dampak positif yang luar biasa, terbukti dispot pancing nelayan Desa Maba Sangaji yang awalnya hanya sedikit
hasil tangkapan mereka, sejak adanya terumbu karang buatan yang kami lakukan saat ini hasil tangkapan khususnya jenis ikan kakap merah semakin meningkat. Artinya akan ada peningkatan
kesejahteraan bagi masyarakat pesisir khusus yang berprofesi sebagai nelayan”, ungkap Anas.

M. Nur Djurubasa, salah satu warga Maba Sangaji membenarkan hal tersebut karena saya ikut terlibat dalam pelepasan karang buatan dan saya tahu persis lokasinya. Efektif 5-6 bulan setelah pelepasan karang buatan dan pembuatan rumah ikan dilakukan, hasil tangkapan benar-benar naik signifikan.

Baca Juga :  Bantuan Jenderal Dudung Sampai ke Tenda-Tenda Pengungsi Korban Gempa Bumi di Cianjur

“Beberapa tahun silam, spot tersebut hampir sudah tidak lagi diminati karena hasil tangkapan yang sedikit, tapi sekarang bahkan dari pihak ANTAM sendiri hampir disetiap hari minggu saya diminta untuk menakhodai mereka ke lokasi tersebut untuk memancing, ungkapnya sambil tertawa kecil.

Nasrudin D Majirung, selaku External Relation PT ANTAM Tbk mengatakan program ini memberikan dampak positif bagi masyarakat khususnya nelayan di Halmahera Timur. Kami berharap kedepan, ada Lembaga atau organisasi semacam ini yang menawarkan program lain yang output atas program tersebut berdampak pada peningkatan taraf hidup masyarakat, tidak hanya kegiatan yang sifatnya seremonial saja.

Baca Juga :  Muzani Hadiri GEMIRA Jawa Tengah Bersholawat, Sampaikan Salam Prabowo ke Masyarakat Demak

Diakhir kegiatan, Ketua BLPP mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi pada kegiatan tersebut utamanya PT ANTAM Tbk UBPN Maluku Utara dalam upaya menjaga, melestarikan ekosistem laut sebagai umberdaya alam selain tambang karena memudahkan nelayan untuk menangkap ikan. Kami selaku Lembaga akan terus berkonsentrasi dan mengajak semua pihak untuk menjaga sumberdaya alam ekosistem kita termasuk mensosialisasikan kepada para nelayan akan pentingnya terumbu karang demi kelangsungan hidup biota laut terutama ikan, tutupnya.

Nur/red

No More Posts Available.

No more pages to load.