Kepala Dinas Pariwisata OKU Selatan Kibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Gunung Seminung

oleh -

OKU Selatan Sumsel, porosinformasi.com–Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan kabupaten OKU Selatan dan puluhan pendaki gunung di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Provinsi Sumsel mengibarkan bendera Merah Putih dan gelar upacara peringati HUT RI Ke-77 di puncak gunung Seminung kawasan Danau Ranau kabupaten setempat. Kamis (17/08/2022)

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten OKU Selatan Jos Akherman,S.STP.,MSI, mengatakan pengibaran bendera dan upacara di puncak Gunung Seminung dalam rangka peringatan HUT RI ke 77 sekaligus mendekatkan diri kepada alam. Kegiatan ini kembali digelar setelah beberapa tahun ditiadakan akibat penyebaran COVID-19.

Baca Juga :  Bupati OKU Selatan Popo Ali Terima Penghargaan Top Pembina BUMD 2024 Pada Ajang Top BUMD Awards 2024

“Alhamdulillah pada tahun ini kita kembali melaksanakan kegiatan pendakian dan pengibaran bendera di puncak gunung Seminung,” ungkap Jos

Jos mengatakan pihaknya berhasil mengibarkan bendera dan gelar upacara HUT RI Ke-77 di puncak 1831 MDPL gunung Seminung memulai pendakian gunung sejak Selasa (16/08/2022) pagi dan hingga Kamis (17/08/2022) siang.

“Tiba di kaki gunung Seminung semua pendaki mendirikan tenda di beberapa lokasi di kawasan puncak gunung Seminung, salah satunya di ketinggian 1831 MDPL, tempat upacara dan pembentangan bendera Merah Putih”, jelasnya

Lebih lanjut Jos mengatakan disaat pendakian pihaknya menggunakan dua jalur yakni jalur Lombok Lampung Barat dengan jarak tempuh lebih kurang 3 jam sementara dari jalur Desa Kota Batu kabupaten OKU Selatan menempuh perjalanan kurang lebih 6 jam.

Baca Juga :  HPN 2023: Gubernur Edy Rahmayadi Selamat Datang Peserta Ekspedisi Geopark Kaldera Toba

“Perbedaan antara jalur Lombok dan Kota Batu, jalur Kota Batu lebih extrem dibandingkan jalur lombok yang elevasinya tidak terlalu menanjak”, jelas Jos

Dikatakan Jos ia sendiri memilih jalur Kota Batu, mengingat jalur tersebut memiliki keunikan tersendiri yakni ada 2 tracking pendakian yang ekstrem, yaitu tracking pendakian 17 dan tracking pendakian 45.

“Selain itu, dijalur Kota Batu juga terdapat jalur yang unik, dimana di jalur tersebut terdapat terowongan yang beraroma jeruk ketika kita lewat”, terang Jos

Baca Juga :  Detik-detik Proklamasi, Sat Lantas Polres OKU Selatan Hentikan Kendaraan

Pada kegiatan upacara dan pengibaran bendera Merah Putih itu pihaknya bekerja sama dengan sejumlah pegiat alam bebas yakni komunitas pencinta alam dari Pagaralam, Muaraenim, Palembang, Lambar, Kota Bumi, Way Kanan dan Tanggerang. Pada pendakian kali ini turut hadir Maki, pemain bass Band Ungu.

Pendakian berlangsung lancar dan sukses, begitu juga upacara dan pengibaran bendera merah putih berjalan khidmat.

“Usai upacara dan pengibaran bendera Merah Putih, para pendaki melakukan pembersihan dan membawa sampah turun dari puncak gunung Seminung”, pungkas Jos (Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.