Kasad Menjadi Warga Kehormatan Satuan Bergengsi AD Filipina

oleh -

Jakarta, porosinformasi.com–Dalam lawatan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman ke Filipina, salah satu satuan bergengsi AD Filipina menjadikan Kasad sebagai warga kehormatannya di Markas Civil Military Operations Regiment (CMOR), Fort Andres Bonifacio, Manila. Jumat, (26/8/2022).

CMOR merupakan satuan elite AD Filipina yang memiliki tugas-tugas OMSP (Operasi Militer Selain Perang) seperti, Operasi Psikologi (Psy Ops), Operasi teritorial, Operasi Lawan Insurjensi, Operasi Bantuan Kemanusiaan dan penanggulangan bencana, serta melaksanakan Operasi Informasi di level Angkatan Darat.

Baca Juga :  Fokus Jalankan Arahan Presiden, KSAD Dudung Jadikan TNI AD Dekat dengan Rakyat

Salah satu keberhasilan satuan elit ini adalah Operasi Lawan Insurjensi kelompok Abu Sayyaf dan Maute dalam Pertempuran Marawi di tahun 2017 yang silam.

Komandan CMOR, Brigjen Arvin R. Lagamon mengangkat Jenderal Dudung sebagai warga kehormatan satuan CMOR atas reputasinya dalam Operasi Psikologi melawan kelompok Radikal ketika masih menjabat sebagai Pangdam Jaya di tahun 2020 yang lalu. Menurut Brigjen Lagamon, keberanian dan kepemimpinan Kasad dalam menangani Ormas FPI menunjukkan karakter seorang penjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan negara, di atas kepentingan golongan maupun kelompok tertentu.

Baca Juga :  Minta Kejelasan Rekrutmen PPS dan PPK, Puluhan Mahasiswa di OKU Selatan Gelar Aksi Demonstrasi

“Saya mengangkat Jenderal Dudung sebagai warga kehormatan satuan kami, serta memberikan lencana Operasi Psikologi ini sebagai wujud apresiasi dan pengakuan atas kepemimpinan Bapak dalam perang psikologi menghadapi kelompok Radikal yang mengganggu ketertiban masyarakat dan membahayakan negara”,pungkas Lagamon.

Dalam sejarah satuan Elite ini, terdapat 2 (dua) Komandan CMOR yang selanjutnya menduduki jabatan tertinggi di Angkatan Bersenjata sebagai Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata Filipina, yaitu Jenderal Cirilito Sobejana dan Jenderal Felimon Santos Jr. Bahkan Panglima Angkatan Darat Filipina saat ini, Letjen Romeo S. Browner Jr. juga merupakan mantan Komandan CMOR pada tahun 2018. (Ril/Red)

Baca Juga :  Di Hadapan Gerindra Arab Saudi, Muzani: Jangan Pernah Lelah untuk Wujudkan Prabowo Presiden 2024

No More Posts Available.

No more pages to load.