Dinas PU-TR Gelar Sosialisasi Rencana Penyusunan RDTR dan PZ Kawasan Perkotaan 

oleh -

OKU Selatan Sumsel–Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten OKU Selatan gelar Sosialisasi Penyusunan RDTR dan PZ Kawasan Perkotaan Kecamatan Simpang, Kamis (06/10/2022).

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, H. Hermansyah Said, S.IP. Pimpin secara langsung dan menjelaskan kegiatan ini dalam upaya mengembangkan wilayah di OKU Selatan salah satunya di Kecamatan Simpang perlu menentukan arahan kebijakan dan strategi yang nantinya akan dituangkan kedalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Baca Juga :  Puluhan Personel Polres OKU Selatan Kawal Jalannya PSHT Cup Ke-1

Selain itu, bagi kabupaten/kota memerlukan rencana operasionalisasi sebagai acuan pelaksanaan pembangunan sektor yang berupa RDTR.

RDTR yang dimaksud berfungsi sebagai rencana rinci dalam mengimplementasikan tujuan, strategi dan kebijakan penataan ruang, rencana struktur dan rencana pola ruang, serta pengendalian pemanfaatan ruang kabupaten dan kota.

RDTR juga untuk menentukan kesesuaian dokumen perencanaan umum dengan implementasi pembangunan di lapangan. RDTR merupakan dasar acuan dari diterbitkannya dokumen perizinan terkait bangunan.

Baca Juga :  Polres OKU Selatan Turunkan 150 Personil, Kawal Pelantikan Anggota PPS

Jika sebelumnya untuk mendirikan bangunan diperlukan IMB, maka kini telah berganti menjadi PBG (Persetujuan Bangunan Gedung) yang merujuk RDTR. Meskipun telah berganti istilah, namun tetap memiliki fungsi pengendalian yang sama.

Selanjutnya kegiatan ini dilanjutkan pemaparan Konsultan serta diskusi bersama peserta Rapat terkait tata ruang di kecamatan simpang baik di Sektor Pertanian, Lingkungan Hidup, dan Penataan Wilayah Kecamatan Simpang.

Bertempat di Ruang Rapat Sekda, turut hadir, Dinas PUPR, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas DLH, Kadin Perizinan, Kadin Pariwisata, Camat Simpang beserta seluruh Kepala Desa Se kecamatan simpang, Bagian Hukum, dan undangan lainnya. (Ril/Red)

Baca Juga :  Diguyur Hujan Lebat, 19 Rumah di Desa Geltoli Terendam Banjir

No More Posts Available.

No more pages to load.