Bupati OKU Selatan Hadiri Pemilihan Duta Lalu Lintas

oleh -

OKU Selatan Sumsel–Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Popo Ali Martopo, B.Com., menghadiri Grand Final Pemilihan Duta Lalu Lintas Kabupaten OKU Selatan Tahun 2023, di Gedung Kesenian Muaradua, Jum’at (17/02/2023) malam. Sebanyak 12 pasang finalis mengikuti malam grand final Duta Lalu lintas tahun 2023 ini.

Dalam sambutannya Bupati Popo Ali sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, pemuda milenial dalam pemilihan Duta Lalu Lintas harus menjadi contoh tauladan untuk masyarakat dalam tertib berlalulintas di seluruh wilayah di Kabupaten OKU Selatan.

Pemilihan Duta Lalu Lintas seperti kegiatan seperti ini juga akan bisa dampak yang luar biasa dalam menumbuhkan perekonomian dan kemajuan daerah.

“Kami harapkan agar finalis harus memetik hikmah pelajaran dalam perlombaan duta lalu lintas yang diselenggarakan ini. Mudah-mudahan perlombaan ini bisa membawa finalis dalam menumbuhkan kepercayaan dirinya sebagai pelopor tertib berlalulintas di OKU Selatan di dalam jenjang yang lebih tinggi lagi.

Semoga hasilnya nanti duta Lalu Lintas OKU Selatan akan mendapatkan hasil terbaik, dan ke depan membawa nama baik Kabupaten dan kepolisian OKU Selatan di Perlombaan maupun jejang yang lebih besar lagi,” ujarnya.

Baca Juga :  Amankan Pemilu 2024, Kapolres OKU Selatan Beserta Jajaran Ikuti Rakor Lintas Sektoral

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres OKU Selatan, AKBP Indra Arya Yudha, S.H,. S.I.K., M.H., mengatakan, kegiatan pemilihan Duta Lalulintas tahun 2023 ini, diikuti oleh pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri maupun swasta di seluruh wilayah Kabupaten OKU Selatan .

Duta lalu lintas merupakan agenda rutin tahunan Kepolisian OKU Selatan dan sempat berhenti dikarenakan pamdemik Covid-19. “Alhamdulillah di tahun 2023 bisa terlaksana dengan baik dan semoga lancar sampai akhir,” ungkapnya.

“Kami dari polres ingin mencoba menciptakan mutiara dari Kabupaten OKU selatan sebagai duta Lalu Lintas tentang pentingnya kepatuhan dalam berlalulintas, seperti polisi cilik yang telah membanggakan OKU Selatan dalam perlombaan-perlombaan yang lebih besar,” katanya menambahkan.

Menurut Kapolres, tujuan dari kegiatan ini salah satu upaya dan program Polres OKU Selatan dalam menggelorakan tertib berlalulintas dan meningkatkan sistem kesadaran hukum dalam berkendara kepada kaum milenial.

Tujuan tak kalah penting menurut Kapolres, untuk lebih memasyarakatkan tertib berlalulintas. “Dengan tertib berlalulintas, bisa menjaga aset berharga keluarga kita. Dan finalis yang terpilih nantinya akan mewakili Kabupaten OKU Selatan pada pemilihan Duta Lalulintas tingkat Provinsi, siapapun yang terpilih harus berperan aktif sebagai pelopor tertib berlalulintas kepada masyarakat OKU Selatan, dan kepada yang belum terpilih jangan berkecil hati teruslah berkaya demi kemajuan Kabupaten OKU selatan,” jelasnya.

Baca Juga :  Atensi Jenderal Dudung Terhadap Penderita Lumpuh Diapresiasi Komisi I DPR

Laporan Ketua pelaksana IPTU Joko Santoso memaparkan, dasar kegiatan ini yaitu Undang-undang Nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan. Dan Rengiat tahunan Sat Lantas Polres OKU Selatan tentang pelaksanaan pemilihan Duta Lalulintas Tahun 2023.

Maksud dari pelaksanaan pemilihan duta lalulintas untuk meningkatkan kesadaran dan disiplin dalam berlalulintas khususnya bagi kalangan pelajar dan remaja serta diharapkan lebih waspada saat berkendara, mampu memahami dasar-dasar berkendara dan dapat mematuhi aturan berlalulintas.

“Tujuan dari pelaksanaan pemilihan duta lalulintas untuk memilih generasi minelial yang kedengarannya diharapkan bisa menjadi agen perubahan dalam mengelorakan tertib berlalulintas dan pelopor dalam keselamatan berlalulintas yang nantinya akan mewakili Kabupaten OKU Selatan pada pemilihan Duta Lalulintas tingkat Provinsi,” ujarnya.

Diungkapkannya, Audisi Duta berlalulintas yang diikuti oleh 149 terdiri dari 66 laki-laki dan 83 perempuan. Dari hasil rangkaian seleksi kemudian terpilih 12 pasang finalis.

Baca Juga :  Hoegeng Awards Kembali Digelar Usulkan Nama Polisi Terbaik

Berikut nama-nama yang menjadi Duta Lalulintas Kabupaten OKU Selatan tahun 2023.

Duta lalulintas terfavorit:
Rahmat Taufik Abdussalam dari SMA N 1 Muaradua dan Shinta Farhani dari SMA N 1 Muaradua.

Wakil 1 dan 2 Duta Lalulintas Tahun 2023. Wakil 1: Kiagus Rizki parandani dari SMA N 1 Ranau Tengah dan Nopi dari SMA N 1 Simpang.

Wakil 2: Valintino dari SMA N 1 Kisam Tinggi dan Auriel Salsabilla Ramadhani dari SMA 1 Pulau Beringin.

Pemenang Duta Lalulintas Kabupaten OKU Selatan tahun 2023:
Andra Dhani Kirana dari SMA N 1 Muaradua dan Eni Permata Sari dari SMA N 1 Muaradua.

Turut hadir dalam grand final ini Wakil Bupati, FKPD, Sekda, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK, Ketua Ikatri, Ketua Persit 0403 OKU, Ketua Bhayangkari, Ketua Adyaksa Dharmakarini, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Kepala BPKAD, Kadispora,

Kadisdik, Kadin Pariwisata, Kadishub, Kadin SatPol PP, Kaban Kesbangpol, Pengurus TPP Kab. OKUS, Para Kapolsek, Kepala Lapas Muaradua, PJU Polres beserta istri, Kepala Jasa Raharja, Camat Muaradua, Ketua MKKS (SMA, SMK) se Kab. OKUS, Kepala (SMA, SMK, MA) se Kabupaten OKUS.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

No More Posts Available.

No more pages to load.