Bapeda Litbang OKU Selatan Matangkan Rencana Kerja Tahun 2024

oleh -

OKU Selatan Sumsel–Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA LITBANG) Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Gelar Rapat Koordinasi Penyempurnaan Rancangan Awal Rencana Kerja dan RKPD Tahun 2023, Kamis (2/02/2023).

Dalam Laporan Adhiyan Fikri. S.E. Kepala Bidang Perencanaan Pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah Bapeda Litbang sampaikan, sesuai ketentuan Undang- undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dan peraturan menteri Dalam negeri republik Indonesia nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rancana pembangunan jangka panjang daerah.

Baca Juga :  Polsek Cabang Bungin, Ringkus dua orang Bandar Narkoba

Selanjutnya rencana pembangunan jangka menengah daerah, rencana kerja pemerintah daerah, bahwa Pemerintah Kabupaten/kota dalam menyusun rencana kerja pembangunan daerah ( RKPD) harus mencantumkan arah kebijakan pembangunan sebagai pedoman pelaksanaan pembangunan untuk periode 1 (satu) tahun.

Penyusunan rancangan RKPD dan rancangan renja OPD tahun 2024 wajib mempedomani peraturan daerah nomor 1 tahun 2012 tentang RPJPD Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan tahun 2005-2025 dan peraturan daerah nomor 5 tahun 2021 tentang RPJMD Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan tahun 2021-2026 sebagai target sasaran, prioritas pembangunan daerah, serta program dan kegiatan pembangunan daerah yang disertai dengan target capaian pembangunan, mempedomani RPJMD provinsi, RKP nasional dan rancangan RKPD Provinsi sebagai penyelarasan serta sinkronisasi sasaran dan prioritas pembangunan daerah, arah kebijakan pembangunan program dan kegiatan tahunan dengan tema serta program dan kegiatan pembangunan provinsi dan program strategis pembangunan nasional.

Baca Juga :  Jumat Curhat Polsek Maba Selatan, Ibu-ibu Keluhkan Sapi di Jalanan Kota maba

Berdasarkan hasil rumusan pelaksanaan forum OPD dan forum lintas OPD, maka setiap OPD menyempurnakan rancangan rencana kerja ( Renja ) tahun 2024 yang selaras dengan rancangan RKPD Kabupaten OKU Selatan tahun 2024 serta arah, kebijakan serta prioritas pembangunan tahun 2024 yang di entry kedalam sistem SIPD dan dikoordinasikan dengan masing-masing bidang pada Bapeda Litbang Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan .

“Dalam arhan Kaban Bappeda Litbang Natalion, S. STP.M.Si., meminta untuk tetap semangat kedepannya sehingga anggaran lebih optimal dan evisien karna evaluasi di tahun-tahun sebelumnya masih kurang optimal, perencanaan keuangan harus lebih baik dan optimal dari masing-masing OPD, sehingga tidak Silpa terhadap rancangan kerja di masing-masing OPD,” ujarnya.

Baca Juga :  Polri Terbitkan Telegram Antisipasi Banjir dan Bencana Alam di Indonesia

“Harapan kami bisa di kerjakan dengan sebaik mungkin sesuai dengan peraturan perundangan-undangan sehingga nantinya bisa di sesuaikan dalam rancangan penyusunan awal Renja RKPD Kabupaten OKU Selatan,”tegasnya.

Bertempat di Aula Bappeda Litbang Kabupaten OKU Selatan dan turut dihadiri. Kaban Bappeda Litbang dan Pejabat Perencana dan Operator SIPD masing-masing OPD. Kamis (02/01/2023).

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

No More Posts Available.

No more pages to load.