74 Santri Darul Qur’an At-Tibyan Banyuasin Ikuti Perkemahan Pesantren Nasional IV Mapadi di Cibubur

oleh -

Jakarta–Sebanyak 74-an santri asal Pondok Pesantren Darul Qur’an At-Tibyan Islamic Boarding School, kecamatan Mariana, kabupaten Banyuasin, provinsi Sumatera Selatan mengikuti kegiatan Perkemahan Pesantren Nasional (Perpenas) IV Mapadi Tahun 2022 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta.

Bersama ribuan santri dari Ponpes di seluruh Indonesia, puluhan santri Darul Qur’an At-Tibyan yang diasuh oleh KH. Amien Rachman Lc MH Al-Hafidz ini mengikuti pelatihan, baik pelatihan spritual, mental, dan intelektual selama 3 hari dari tanggal 3-5 November 2022.:

“Dengan Perpenas ini kita mengharapkan para santri mempunyai wawasan, ceria, dan mimpi tentang peran dan kontribusi mereka untuk Indonesia, masa depan yang tidak tercerabut dari akar dan sejarah perjuangan bapak-bapak bangsa termasuk para ulamanya,” sebut Sekretaris umum Pengurus Pusat Mapadi, H Jhon Edy Rahman, kepada awak media, pada Kamis, 3 November 2022.

Baca Juga :  50 Anggota PPK Halmahera Timur Resmi Dilantik

Dijelaskan Jhon Edy, selain diikuti sekitar 6.000 an santri, acara yang diselenggarakan oleh Majelis Pesantren dan Ma’had Da’wah Indonesia (Mapadi), sebuah ormas yang membidangi kegiatan kepesantrenan ini juga dihadiri sejumlah tokoh nasional, antara lain Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

Sementara Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid mengatakan, bahwa kegiatan perkemahan pesantren ini perlu didukung semua pihak dan disosialisasikan, karena berdampak positif dan memberikan harapan bagi masa depan bangsa.

“Ini sangat layak didukung dan disosialisasikan serta dikomunikasikan lebih luas di media sosial dan media lain agar mendapat dukungan dari berbagai pihak, terutama memberikan inspirasi kepada siapa pun bahwa dari dunia pesantren pun kita bisa kembali mengadakan kegiatan nasional yang positif, dan memberikan harapan positif bagi masa depan umat bangsa,” terang Ketua Dewan Pembina Mapadi, yang dalam kegiatan itu juga bertindak sebagai inspektur upacara, sekaligus memberikan pembekalan kepada para peserta.

Baca Juga :  Sukses Selenggarakan Pelayanan Pablik, Bupati OKU Selatan Terima Penghargaan Ombudsman RI

Menurut HNW, melalui momentum tanggal penyelenggaraannya, yakni antara 22 Oktober (Hari Resolusi Jihad dan Hari Santri Nasional) dan 10 November (Hari Pahlawan) diharapkan bisa menumbuhkan spirit dan melanjutkan peran sejarah para santri dan pesantren untuk terus berkontribusi bela dan cinta umat, bangsa, dan negara.

Terpisah, Pimpinan Darul Qur’an At-Tibyan Islamic Boarding School Sumatera Selatan, KH. Amien Rachman Lc MH Al-Hafidz menyebutkan, dalam kegiatan perkemahan pesantren itu, pihaknya mengutus sebanyak 74 santri dari SMPIT dan SMAIT terdiri dari 20 Putri dan 54 putra.

Baca Juga :  Jumat Curhat Polsek Maba Selatan, Masyarakat Loleolamo Keluhkan Modal Usaha Anyaman

Dalam kegiatan yang diikuti pertama kali oleh Darul Qur’an At-Tibyan Islamic Boarding School, yang terletak di desa Sungai Dua, Mariana itu, KH Amien harapkan dapat menambah wawasan, spiritual dan intelektual para santri agar lebih semangat meraih mimpi untuk masa depan umat dan bangsa ini.

Selanjutnya, para santri Darul Qur’an At-Tibyan ini bersama 2 ustad pendamping putra dan 2 ustadzah pendamping putri akan kembali bertolak hari ini, Sabtu, 5 November 2022 dari Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta menuju Mariana, kabupaten Banyuasin provinsi Sumsel menggunakan 2 (dua) kendaraan bus pariwisata. (Ril/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.